Telah dibuka www.ds-store.web.id Sedia CD/DVD film dokumenter, media pembelajaran, game, software, maupun film2 Anime full episode/ sampai episode terbaru..  


Download Film Dokumenter 40 Years of Silence: An Indonesian Tragedy

Share on :

Setelah kemarin dhoni-ds sharing tentang "Film Dokumenter Shadow Play: Film mengenai penjatuhan Soekarno dan pembantaian massal 1965-1966". Pada kesempatan kali ini dhoni-ds akan share sebuah film dokumenter salah satu peristiwa mengerikan dalam sejarah Indonesia  yaitu 40 Years of Silence: An Indonesian Tragedy.

       SINOPSIS: “40 Years of Silence: An Indonesian Tragedy” adalah  film dokumenter salah satu peristiwa mengerikan dalam sejarah Indonesia yaitu tentang tragedi 1965 karya Dosen Antropologi Universitas Of California, Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam pembunuhan massal ini, diperkirakan sekitar 500 ribu sampai 1 juta orang secara sistematis dibunuh pada tahun 1965-1966, ketika Jenderal Suharto memulai pembasmian besar-besaran terhadap mereka yang dituduh anggota komunis PKI.
Film ini mengambil pendekatan multi-generasi dan menampilkan testimoni dari empat orang korban dan keluarga mereka yang untuk pertama kalinya mendapat kesempatan berbagi tentang stigmatisasi masyarakat, kekerasan-kekerasan, dan trauma yang mereka alami 40 tahun setelah insiden mengerikan itu.

Sejarawan dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Baskara T Wardaya di Yogyakarta, Selasa (16/8), mengatakan film berjudul "40 Years Of Silence : An Indonesian Tragedy" itu ingin mengingatkan masyarakat Indonesia tentang tragedi kemanusiaan yang disebabkan oleh kekuasaan militer dan rezim orde baru.

Film berdurasi 86 menit itu, kata dia mencoba menarasikan dampak kekejaman rezim orde baru dan militer pada 1965 terhadap para keluarga korban, yang dianggap menjadi simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Meski terasa pahit dan menyakitkan, film itu ingin mengingatkan masyarakat agar tidak lupa terhadap sejarah dengan cara menggali kehidupan keluarga korban," katanya.

Menurut dia, melalui film itu, masyarakat banyak mendapatkan gambaran tentang sejarah alternatif di luar versi pemerintah. "Sejarah perlu ditelisik dari berbagai sumber atau suara-suara yang terbungkam agar masyarakat memiliki pandangan yang berbeda sehingga mereka bisa kritis," katanya.

Dia mengatakan Rob Lemelson membutuhkan waktu selama 12 tahun, yakni pada 1997 hingga 2009 untuk menciptakan film tersebut.

Film yang mengambil latar Jawa dan Bali itu mengupas kehidupan empat keluarga dari Jawa dan Bali, yang mengalami penderitaan dan kepahitan hidup akibat kekejaman militer dan orde baru.

Stigma buruk masyarakat terhadap keluarga eks tahanan politik pada masa 1965, kata dia dinarasikan secara utuh dalam film ini. Menurut dia, pemutarbalikan sejarah pada masa itu memberikan dampak buruk bagi para keluarga eks atau mantan tahanan politik pada 1965.

Oleh karena itu, film ini ingin menonjolkan sejarah langsung dengan menggali pengalaman pribadi keluarga yang menjadi korban tragedi 1965. "Para keluarga korban juga hadir dalam diskusi ini untuk berbagi pengalaman tentang stigma buruk yang masih melekat di lingkungan mereka," katanya.

Perupa yang juga menjadi korban trgaedi 1965, Djoko Pekik mengatakan peristiwa itu memberikan trauma berat bagi para korban. Untuk melawan trauma itu, Djoko Pekik mengatakan terus melukis dengan tema perlawanan, salah satunya adalah melalui karya besarnya, yakni lukisan berjudul Berburu Celeng.

Sementara itu, salah satu korban tragedi 1965, Budi mengatakan keluarganya dituduh sebagai komunis sehingga dia mengalami trauma berat secara berkepanjangan.

Dampak dari stigma buruk sebagai keluarga PKI, kata dia membuat Budi sempat putus sekolah. "Saya mendapatkan perlakukan yang berbeda di masyarakat, tidak bisa merasakan kebebasan bersekolah seperti anak-anak yang lain karena saya dianggap sebagai keluarga PKI," katanya.

Senada, salah satu korban tragedi 1965 asal Klaten, Paulus, mengatakan sempat diadili tanpa proses hukum di Klaten. Ia dianggap terlibat dengan PKI.

"Tanpa kesalahan yang jelas saya dipenjara selama tiga tahun karena dianggap menjadi simpatisan PKI. Rezim Soeharto tidak lebih baik ketimbang Hitler," katanya.

Tonton Trailer film "40 Years Of Silence : An Indonesian Tragedy" di bawah ini:



Source: detikNews


..................................................................................................................................................................................................
NB: Bagi yang ingin Film Dokumenter 40 Years of Silence: An Indonesian Tragedy ini secara Full Version/ Lengkap, kami menawarkan Film Dokumenter ini dalam bentuk DVD dengan durasi lengkap 1 jam 27 menit.  Selengkapnya di www.ds-store.web.id-KlikDisini-
..................................................................................................................................................................................................

Sama-sama pecinta blogger jangan lupa follow blog dhoni-ds ya..
jangan lupa komentarnya juga..:-)


Related Posts by Categories

5 komentar on Download Film Dokumenter 40 Years of Silence: An Indonesian Tragedy :

Anonim mengatakan... 2 Mei 2012 06.42

oaalah ngomong mas kalo mau jualan cd.....goblog ..pekok...syuuuu ......syuuuuu

obat keputihan mengatakan... 4 September 2012 11.27

Saya suka blog Anda, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari Anda. Apakah Anda menjalankan situs lain?

wijaya mengatakan... 7 Juli 2013 14.09

mas, kalo mau pesen dvdnya masih ada stocknya ga?

Abdurrahman Junaedi mengatakan... 11 September 2013 09.24

waduhhh... wajib nonton neeeh... :D Sambil izin Nongkrong yah..ini BLOG saya Sob!! (y)

Angel Rachel mengatakan... 5 Januari 2016 13.30

Seasonbet77
agen judi
agen bola
agen sbobet
promo bonus
prediksi skor
agen ibcbet
agen 338a
agen 1scasino
agen asiapoker77

Post a Comment and Don't Spam!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Rank

Blogger Tricks

Blogger Themes

Footer Widget 2

.