Telah dibuka www.ds-store.web.id Sedia CD/DVD film dokumenter, media pembelajaran, game, software, maupun film2 Anime full episode/ sampai episode terbaru..  


Resume Buku Sejarah Lokal I GDE WIDJA



RESUME BUKU I GDE WIDJA


Disusun Untuk Memenuhi Tugas Sejarah Lokal
Dosen Pengampu : Pak Suharso



Oleh :
Nama        : Prasetyo Dhoni (3101410073)       
Nim           : 3101410072




JURUSAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012

Resume Buku : KOTA DAGANG CIREBON SEBAGAI BANDAR JALUR SUTRA




KOTA DAGANG CIREBON SEBAGAI BANDAR JALUR SUTRA
  1. Cirebon Awal
Sudah sejak zaman kuno posisi kepulauan nusantara menjadi tempat persilangan jaringan lalu lintas laut yang menghubungkan benua timur dengan benua barat. Perkembangna lebih lanjut ialah bermunculannya kota-kota disepanjnag pantai timur samudra indonesia dan pantai utara pulau jawa, termasuk didalamnya kota pelabuhan cirebon yang aktif memainkan peranan penting terutama didunia perdagangan. Kota cirebon yang terletak di tepi sungai merupakan pelabuhan yang baik, sebeb dapat dilalui oleh kapal-kapal besar sampai jauh ke pedalaman. Di daerah pedalaman ddihasilkan beras dan bahan pangan lainnya sebagai komoditi ekspor, ditambah pula dengan pemerintahan yang stabil mendorong cirebon sebagai salah satu kota pelabuhan yang penting tembat berkembangnya perdagangan, agama dan kebudayaan.

Metode Pembelajaran Sejarah Melalui Media Film Dokumenter




     Pada kesempatan kali ini tepatnya 1 Mei 2013 bertepatan dengan hari pendidikan nasional, saya mau sharing mengenai metode/media pembelajaran khususnya untuk mata pelajaran sejarah. Kenapa pembelajaran sejarah?. Karena Pendidikan sejarah memiliki peran yang sangat sentral sebagai alat untuk mengubah cara berpikir masyarakat, meningkatkan pengetahuan, bukan untuk mengingat nama dan tanggal, tetapi untuk memahami, menilai dan mengambil sikap dengan hati-hati. Selain dari teologi, sejarahlah yang paling baik mengajarkan budi pekerti karena menimbulkan sikap rendah hati di hadapan kemampuan manusia yang terbatas untuk mengatahui dan rasa takjub di hadapan luasnya sejarah manusia. Sejarah sendiri menyangkut persoalan kesinambungan dan perubahan yang bias untuk pelajaaran bagi manusia. Generasi sekarang tentu tidak ingin mengulangi kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat masa lalu. Sedangkan keberhasilan patut dicontoh dan ditingkatkan lagi.
     Atas berbagai alasan yang dikemukakan, maka sejarah mutlak harus diajarkan mengingat asas kemanfaatan yang bisa didapat dari sejarah. Di Indonesia pelajaran sejarah sudah mulai diajarkan kepada siswa sejak sekolah dasar yang tergabung dengan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemudian memasuki sekolah menengah tingkat pertama dan tingkat atas barulah sejarah diajarkan secara tersendiri.
         Tetapi Pada saat ini antusiasme siswa untuk belajar mata pelajaran Sejarah masih rendah, apalagi mata pelajaran sejarah tidak dijadikan kriteria lagi untuk meneruskan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu kurangnya keterampilan guru dalam mengembangkan pendekatan dan metode atau model pembelajaran, sehingga fokus pembelajaran hanya terpusat pada guru (teacher centered), dan kurang ada partisipasi siswa yang berarti, dan inilah yang merupakan penyebab menurunnya kualitas pembelajaran sejarah.

    Untuk menjawab permasalahan di atas diperlukan suatu upaya untuk mengatasi keterbatasan pembelajaran sejarah yang selama ini diterapkan yaitu dengan mengimplementasikan model pembelajaran sejarah berbasis media. Model pembelajaran sejarah berbasis media yaitu suatu inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami teori secara mendalam melalui pemanfaatan media audio visual. Dalam pelaksanaannya pembelajaran berbasis media memanfaatkan sebuah media berbentuk tayangan audio visual tentang peristiwa-peristiwa sejarah yang berbentuk film dokumenter sejarah. Model pembelajaran ini dapat menjadi program pendidikan yang mendorong kompetensi, belajar menilai, dan untuk selanjutnya mendorong siswa agar berani untuk memberikan sebuah tanggapan-tanggapan serta komentar-kokmentar terhadap sebuah peristiwa sejarah yang telah terjadi pada masa lalu sehingga proses pembelajaran terpusat pada siswa (student centered). Maka dari itu dengan mengimplementasikan model pembelajaran sejarah berbasis media dengan memanfaatkan film-film dokumenter sejarah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah.
     Adapun film-film dokumenter yang dimaksud merupakan film-film yang menunjukkan gambaran- gambaran peristiwa sejarah, baik film dokumentasi primer atau asli diambil pada saat peristiwa sedang terjadi, maupun film dokumentasi skunder yang merupakan film dokumenter yang sengaja dibuat untuk mengisahkan kembali sebuah peristiwa sejarah seperti yang tercatat dalam buku-buku sejarah. Dengan film-film inilah, siswa akan diajak melihat peristiwaperistiwa sejarah dalam bentuk audio visual. Sehingga siswa akan lebih mudah memahami sebuah peristiwa sejarah tanpa harus berimajinasi yang belum sesuai dengan yang sebenarnya terjadi dalam sebuah peristiwa sejarah. ^^

Kamu sayang gak sama aku??

   Mmmm…bingung kalau tiba-tiba ada pertanyaan kaya gitu? Emang kenapa?
Hmmm…Aku agak canggung kalo ngomongin sayang. Mmm…gimana ya. Aku…kalo dibilang sayang sih…Aku PEDULI sama kamu. Aku pengen ngeliat kamu bahagia. Aku seneng kalo liat kamu senyum. Tapi kalo sayang…Aku belum pernah cerita tentang masa lalu aku ya? Waktu aku SMA? Iyah, aku pernah sayang banget sama satu cewek. Tapi dia nyelingkuhin aku. Berkali-kali. Sejak saat itu…aku…gak tau deh. Aku agak…mati rasa. Trauma kali ya sama yang namanya sayang. Tapi bukan berarti aku gak sayang sama kamu. Aku peduli. Tapi mungkin…kayak…sebagai temen gitu kali ya. Mungkin bukan temen juga sih. Lebih dari temen lah. Kayak kakak gitu kali ya. Tapi maksudnya bukan sayang yang…ngerti kan? Bukan inses gitu. Tapi bukan berarti aku gak sayang kamu. Yah gitu deh. Aku yakin kamu ngerti. Aku sayang Kamu..
Makasih ya. ;)



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Rank

Blogger Tricks

Blogger Themes

Footer Widget 2

.